fitria

ketika sedih, marah, atau bahagia.....

Monday, August 14, 2006

Update KP.. :)

wah, udah lama ya rasanya aku ga update blog.. hmm.. sekarang di-update deh.. kegiatanku masih terpusat pada kerja praktek.. dan memang di bulan Agustus inilah fokus kerja praktek lagi berat-beratnya.. tahapan konstruksi atau yang lebih umum disebut implementasi udah aku mulai sejak awal Agustus lalu (sedikit lebih awal dari jadwal pada kerangka kerja) dan untuk mengerjakan satu laporan aja aku butuh waktu hampir 7 hari kerja.. hmm.. apa ini karena aku belum memahami proses ticket itu sendiri seperti apa ya.. yah, susah juga sih meski dah paham bisnis proses tapi klo harus belajar code dan database yang dibuat orang lain itu jadi satu kesulitan lain buatku.. baru hari jumat kemarin ngerasa bener2 ngerti counting ticket yang bener itu kayak apa, dan aku seneng banget karena berhasil nemuin salah satu penyebab masalah inkonsistensi data laporan yang berada antar level dalam satu jenis laporan.. dan mudah2an query yang aku buat udah bisa solve masalah tersebut.. *pas testing kmrn sih udah ok, mudah2an ga ada masalah lagi*

hasil pekerjaan untuk bug dan revisi yang aku temukan juga udah dilaporkan ke supervisor.. jadi masih ada 10 laporan lain yang menunggu *dengan satu laporan terbagi atas 2 jenis, A dan B, masing-masing jenis terdiri atas level-level yang maksimum tingkatannya 4 level*.. yah doain aja supaya aku bisa menyelesaikannya.. meskipun supervisor dah bilang report-report tertentu yang signifikan saja yang diusahakan selesai *di kerangka acuan sendiri pun udah dicantumkan bahwa implementasi satu atau lebih report, hehe klo satu sih udah selesai nih.. :P* tp aku juga mau kasih usaha yang maksimal..

fitur lain seperti save to xls dan pdf itu juga udah jalan.. code-nya emang udah dapet dari mas dan mbak vendor, aku cuma utak-atik dikiiiiit banget.. *kebayang kan klo cm nambahin include file krn wkt itu halaman-nya ga mau ke-load, atau nambahin parameter input, atau ngebenerin link ke next page..* cupu-cupu gitu deh.. tapi fitur print belum aku sentuh sama sekali nih.. di project charter emang prioritasnya rendah sih.. trus mengenai efisiensi query.. duh.. ternyata susah juga ya.. klo desain database-nya udah bikin qta harus akses table muter2 ya mau digimanain lagi?? kecuali klo database-nya boleh dirombak gituh.. hehe.. ga sanggup juga seehh.. kmrn cm nyoba2 dikit, dan nge-test di TOAD, aku cuma bisa ngurangin cost dari query yang dipakai di function dan jasper file.. ngeliat di EXPLAIN PLAN sih dari cost 4400-an bisa jadi 3900-an.. eh pas di tes di aplikasi untuk data sebanyak 4000 aja ga ngaruh gitu.. *katanya sih klo di aplikasi itu udah banyak faktor, ya integration server-nya lah, tomcat-nya, database server-nya, webmethod-nya.. banyak deh* susah juga ngebuktiin query yang aku ubah itu ngaruh ato ngga..

dan pas lagi ngerjain report 1 itu aku sempet kesel, bingung, ga tau mesti gimana.. soalnya yang aku kerjain itu beda banget sama yang vendor buat.. apalagi vendor kan hubungannya ke user.. sedangkan aku kan based on documentation dan penjelasan supervisor sebagai Project Manager aku.. ga enak juga klo gangguin mereka terus.. yah, meski selama ini masih mau bantuin aku.. tp berasa banget bedanya *apalagi klo mrk lagi dikejar deadline*.. untunglah pak ari bisa kasih semangat lagi ke aku.. dan keputusan yang aku diskusiin ke supervisor juga sepertinya udah disetujui..

sekarang aku jalan di development.. kerjain apa yang ada di depanku.. solve masalah yang aku temuin.. dan laporan bug serta revisi-nya dikasih ke supervisor biar pak super aja nanti yang info-in ke vendor siapa tau ternyata masalah yang ditemuin itu masalah yang sama yang ditemuin vendor di production *siapa tau loh ya.. :P* kalaupun ngga.. banyak banget hikmah dan pelajaran berharga yang aku dapet selama kerja praktek.. gimana rasanya komunikasi ke atasan, gimana rasanya komunikasi ke orang lain untuk dapet suatu informasi, gimana rasanya dikesampingkan sebagai "anak KP" doang, gimana rasanya kita bisa buat orang lain ga terganggu dengan kehadiran kita yang jelas2 ngeganggu.. :P klo ilmu sih aku dapet banyak banget.. mulai dari belajar Oracle, jadi DBA kecil-kecilan bareng si Hendro, jadi database programmer.. trus belajar ireport, jadi tau sulitnya jasper dimana tapi canggihnya jasper juga dimana.. klo JSP sama javascript sih ga terlalu terlibat banyak.. ya code-nya udah ada gitu, tinggal ubah2 dikit..

lagi bingung mau design class dan sequence diagram nih.. soalnya aku ga bikin pake pendekatan MVC.. bahkan dari code yang dibuat vendor, view, model dan controller jadi satu dalam satu file gitu.. eh tapi klo controller-nya ada yang dibuat di file terpisah sih.. soal lempar2an message dan function juga udah tau sih.. tapi bingung gmn gambarinnya.. ada yang bisa bantu? mungkin untuk kelompok anaperancis kemarin yang ga bikin pake sistem MVC *tapi lempar2an message lewat function aja* bisa tolong share ilmunya.. :)

makasih..

dan sekarang mau lanjut lagi ya kerjanya.. :)

3 Comments:

Blogger aria di labkom UI said...

cie fitria pake 'aku' ... :P
eh eh, MVC bukannya bikin susah ya?

gw pengen bantu banget sih fit ... meskipun gw g ngerti...soalnya kape gw mo make MVC lagi :( ...seandainya g ada hal2 laen yang menghalangi :D macam kape dan buntut-camis ;P

1:27 PM  
Blogger v3a said...

haha.. iya pak.. tengkyu..

camis ya?? duh gue juga harus bantuin kan ya?? ayo pak semangat..

eh2 hari Senin jadi ke Disney di senayan ga sih? lo ikut ga pak?

11:04 AM  
Anonymous smilingface said...

iya, baru nyadar, fitria pake "aku"!
Aku bener2 ga nyangka :P

8:47 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home